Kamis, 01 Oktober 2009

Hubungan Hacker dengan Ideologi Indonesia, Pancasila

Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya. Hacker mempunyai beberapa hubungan dengan ideologi negara kita, yaitu pancasila.

1. Hubungan hacker yang pertama dengan pancasila, yaitu sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.
Dapat dijelaskan bahwa manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Dengan adanya penjelasan sila pertama tersebut dan dengan pengertian hacker yang sesungguhnya, harusnya hacker menghormati situs-situs keagamaan lain untuk menjalankan ibadah dan menyebarkan agamanya. Bukannya malah menyerang situs lain karna ketidaksukaannya terhadap sebuah agama tersebut. Bukannya malah memaksakan kehendak terhadap orang lain, karena setiap orang mempunyai kepercayaan masing-masing, dan sudah pasti tiap pemeluk agama menganggap agama yang di anutnya tersebut adalah agama yang paling benar.

2. Hubungan hacker yang kedua dengan pancasila, yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.
Dapat dijelaskan bahwa seharusnya tiap orang di indonesia harus bisa Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia, Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira, dan Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.

Dengan penjelasan dan pengertian hacker yang sudah ditulis di awal tadi, seharusnya seorang hacker dapat memberikan bantuan terhadap orang lain dan memberitahukan kelemahan-kelemahan suatu situs terhadap orang yang mempunyai situs tersebut, bukan malah sebaliknya, yaitu merusak bahkan menghancurkannya. contohnya saja penjebolan friendster atupun facebook. Bukankan itu menunjukkan bahwa manusia itu tidak beradab dan tidak mencerminkan sila kedua sebagai ideologi pancasila indonesia?

3. Hubungan hacker yang ketiga dengan pancasila, yaitu Persatuan Indonesia
Dapat dijelaskan bahwa setiap warga negara indonesia dapat mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

Tidak lama ini banyak situs yang dibobol oleh warga seberang, tapi beberapa hacker di indonesia tidak berdiam diri saja, hacker melakukan penyerangan balik terhadap warga ataupun sebuah negara yang menyerang tersebut. Karena kecintaan terhadap bangsa indonesia dan tanah air, oleh karena itu hacker tidak berdiam diri. Mungkin memang tidak baik apa yang dilakukan, tetapi apapun akan dilakukan untuk mempertahankan keutuhan negara indonesia.

4. Hubungan hacker yang kaempat dengan pancasila, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
dapat disimpulkan mengenai sila keempat ini, yaitu Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

Kadang hacker memaksakan kehendak kepada orang lain, yaitu dengan cara merusak email ataupun password seseorang untuk kesenangannya semata. Bukankah itu adalah sesuatu yang termasuk sebagai pemaksaan kehendak kepada orang lain?

5. Hubungan hacker yang kelima dengan pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Dapat dijelaskan mengenai sila kelima indonesia ini, bahwa Mengembangkan sikap adil terhadap sesama harus dilakukan, dapat Menghormati hak orang lain, dan Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.

berdasarkan penjelasan tersebut, seorang hacker seharusnya dapat menjaga hak-hak orang lain dan menghormati hak-hak orang lain juga tentunya. saat ini ramai terjadi penjebolan account perbangkan melalui internet. otomatis hal tersebut sangat merugikan nasabah bank.

Dari beberapa hubungan tersebut, dapat disimpulkan, jika anda mempunyai profesi sebagai seorang hacker, anda harusnya menjalankan ideologi negara kita, yaitu pancasila.
sudahkah anda menjadi seorang yang bener-bener menjalankan ideologi negara di dalam profesi anda?

1 komentar:

  1. beberapa hacker telah melanggar beberapa sila pancasila.contoh nya website yg berisikan penghinaan kepada bangsa indonesia.diharapkan kepada pemerintah dapat menindak dan menghukum seberat-beratnya,karena hacker tersebut.

    BalasHapus

TWITTER